...Idda Mawaddah...


Click here for Myspace Layouts

Kamis, 21 Juni 2012

luas jajargenjang

PETUNJUK PENGGUNAAN ALAT PERAGA
“LUAS JAJARGENJANG”

Nama Alat     : Peraga Luas Jajar Genjang
Gambar Alat :




Keterangan:
1.         Model daerah jajargenjang pada (i) dan (ii) kongruen, dan dapat dilepas dari bingkainya.
2.         Model daerah jajargenjang pada (ii) dapat dipindahkan ke bingkai persegi panjang pada (iii).

 










*      Kegunaan:
                                    Alat peraga luas jajar genjang dapat digunakan untuk pembelajaran Geometri di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Alat peraga ini digunakan untuk membantu siswa menemukan rumus luas jajargenjang.

*      Cara Penggunaan:
Alat peraga ini dapat digunakan secara klasikal ataupun kelompok. Luas jajargenjang ini diperoleh dengan pendekatan luas persegi panjang. Untuk itu, prasyarat mempelajari luas jajargenjang ini adalah siswa telah memahami konsep luas persegi panjang.

*      Petunjuk Kerja :
1.          Siswa terlebih dahulu diingatkan tentang sifat dan unsur jajargenjang dan persegi panjang (misal : jajargenjang memiliki alas dan tinggi, sedangkan persegi panjang memiliki panjang dan lebar), serta tentang luas persegi panjang (L = p x l).
2.          Kita arahkan siswa untuk meletakkan papan berbingkai model daerah jajargenjang (i) dan (ii) seperti pada gambar di atas.
3.          Dengan cara menghimpitkan model jajargenjang (i) dan (ii), ditunjukkan bahwa kedua bangun tersebut kongruen, kemudian kita tanyakan kepada siswa apakah luas daerahnya sama? (Jawaban diharapkan sama).
4.          Siswa diberi tugas untuk mengamati unsur-unsur jajargenjang dan persegi panjang yang terdapat pada alat peraga. Maka jawaban yang diharapkan adalah:








 


Jajargenjang ABCD, memiliki : alas AB = a dan tinggi = t
 

persegi panjang, memiliki: panjang = p dan lebar = l
 
 







Kita tunjukkan pada siswa, Jajargenjang ABCD dipotong pada garis tingginya.

5.        Kita ubah jajargenjang ABCD (bangun(ii)) menjadi persegi panjang PQRS (bangun (iii)) atau pindahkan potongan jajargenjang ABCD kedalam persegi panjang PQRS.


 
 
















*      Langkah Kerja :
Jika jajargenjang ABCD dipindahkan ke persegi panjang PQRS, maka potongan jajargenjang ABCD akan tepat memenuhi ruangan persegi panjang PQRS.
Diperoleh :
a.       Alas jajargenjang ABCD       = panjang persegi panjang PQRS
                                                                    a = p
b.      Tinggi jajargenjang ABCD    = lebar persegi panjang PQRS
                                                                     t  = l
c.       Luas jajargenjang ABCD    = Luas persegi panjang PQRS
Sehingga:
      Luas jajargenjang ABCD          = Luas persegi panjang PQRS
                                                    L  = p x l
Karena panjang ( p ) pada persegi panjang PQRS = alas Jajargenjang ABCD (atau p = a) dan lebar persegi panjang PQRS = tinggi jajargenjang ABCD  (atau l = t ), maka:
Luas jajargenjang               = a x t

*      Kesimpulan:
Dari kegiatan tersebut dapat disimpulkan bahwa :
Jika jajargenjang dengan alas = a dan tingginya = t,dan luas daerahnya= L, maka :

 
L = a x t
 



LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
“LUAS JAJARGENJANG”
Sekolah                                    : SMP...
Kelas                           : XI...
Kompetensi dasar        : bangun datar geometri
Indikator                                   :  menentukan rumus luas bangun datar jajargenjang
Tujuan Pembelajaran       :  Siswa dapat menentukan luas bangun datar dari jajargenjang

Anggota Kelompok   :
1.

2.

3.

4.

5.


Definisi :
Jajargenjang adalah bangun datar segi empat yang memiliki dua pasang sisi yang sejajar dan dua pasang sisi yang sama panjang.
Langkah Kerja :
  1. Perhatikan bentuk bangun datar jajargenjang ABCD pada media yang tersedia
  2. Buat garis atau sisi tegak, sehingga pada potongan tersebut terlihat dua segitiga yaitu di sisi kiri dan sisi kanan yang kongruen dan satu buah persegi
  3. Lepaskan kedua segitiga dan pindahkan ke sisi persegi PQRS hingga kedua segitiga tersebut menyatu membentuk bangun datar PQRS dan sisi tengah sama  ditutupi dengan satu buah persegi pada potongan jajargenjang tersebut.
  4. Perhatikan ukuran dan bentuk dari bangun datar tersebut.
  5. Catat dan berilah kesimpulan terhadap hasil pengamatan.
Student Activity :
Jika jajargenjang ABCD dipindahkan ke persegi panjang PQRS, maka potongan jajargenjang ABCD akan tepat memenuhi ruangan persegi panjang PQRS.
Dapat diperoleh :
a.       Alas jajargenjang ABCD       = ...........persegi panjang PQRS
                                                         ............. =  panjang
                                                         ............. =  p
b.      Tinggi jajargenjang ABCD    = lebar persegi panjang PQRS
                                                         ............. = lebar
                                                         ............. = l
c.       Luas jajargenjang ABCD    = Luas persegi panjang ...........
Sehingga:
      Luas jajargenjang ABCD          = Luas persegi panjang PQRS
                                                    L   = .......... x .........

Maka, dapat disimpulkan Luas jajargenjang = ........... x ...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar