tag: blink> (“KUBUS VS LIMAS SEGI EMPAT”)
Nama Alat : Kubus vs Limas segi empat
Gambar Alat :
Keterangan:
Kubus adalah adalah bangun 3-Dimensi yang memiliki 6 buah sisi dengan semua rusuk sama panjang dan memiliki 4 sisi tegak.
Limas Segi Empat adalah adalah bangun 3-Dimesi yang dibatasi oleh bangun segitiga sebagai sisi tegaknya. Kita biasa menyebutnya sebagai bangun ruang. Ciri khas limas adalah memiliki bagian runcing di bagian atasnya sebagai titik puncak.
Kegunaan :
Alat Peraga kubus vs limas ini membantu siswa untuk menemukan rumus dari Volume Limas dengan kubus sebagai dasar penentuan rumusnya.
Cara Penggunaan :
Alat ini dapat digunakan secara Klasikal atau membentuk kelompok kerja pada siswa. Alat ini digunakan untuk mengetahui rumus volume dari suatu bangun ruang limas. Kubus dijadikan sebagai dasar dalam menentukan rumus ini. Materi bangun ruang kubus termasuk rumus volume bangun ruang kubus menjadi prasyarat dalam menentukan volume dari limas tersebut.
Petunjuk Kerja :
1. Siswa terlebih dahulu diingatkan kembali tentang bangun ruang kubus termasuk jaring-jaring kubus dan rumus dari volume kkubus, sebagai kemampuan prasyarat
2. Siswa diberikan alat peraga yang telah disediakan.
3. Guru meminta memperhatikan bentuk kubus yang terbentuk, kemudian membongkar kubus tersebut. Sehingga siswa dapat melihat bentuk jarring-jaring dari kubus.
4. Guru membimbing siswa untuk memperhatikan bangun ruang yang terbentuk pada setiap sisi bangun datar yang mementuk kubus. Dan siswa mengambil kesimpulan tentang bentuk bangun ruang apa yang membentuk kubus tersebut.
5. Guru menanyakan kepada siswa kembali tentang banyaknya bangun ruang limas yang dapat dibentuk dari setiap sisi kubus.
6. Siswa memperhatikan bentuk bangun ruang limas dan dengan bimbingan guru membandingkan ukuran dari setiap bangun ruang limas tersebut.
Langkah Kerja :
1. Pada jaring-jaring kubus ada berapa bangun datar persegi yang menyusun kubus tersebut 6 uah bangun datar
2. Pada media yang tersedia terlihat bentuk bangun ruang limas dengan alas berbentuk segiempat
· Berapa banyak limas yang dapat membentuk kubus 6 buah limas
· Berapa tinggi limas tersebut jika dibandingkan dengan tingg kubus.
tinggi limas = 2 x tinggi kubus
· Berapa panjang sisi alas limas
Panjang sisi alas limas = panjang sisi alas persegi
3. Berapakah Volume dari Limas tersebut
Vkubus = p x l x t = s x s x s
Kubus terbentuk dari 6 buah limas yang kongruen
Tinggi kubus = tinggi limas
Maka,
2 x tinggi kubus = tinggi limas
Jadi,
2 x Vkubus = 6 x Vlimas
2 x p x l x t = 6 x Vlimas
Luas alas = p x l
Volume limas =
Kesimpulan :
Volume limas =
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
MENENTUKAN VOLUME LIMAS SEGI EMPAT
Sekolah : SMP...
Kelas : XI...
Kompetensi dasar : bangun ruang geometri
Indikator : menentukan rumus volume limas
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mentukan volume dari suatu limas secara lebih nyata
Anggota Kelompok :
1. | |
2. | |
3. | |
4. | |
5. | |
Definisi :
Limas adalah bangun 3-Dimesi yang dibatasi oleh bangun segitiga sebagai sisi tegaknya. Kita biasa menyebutnya sebagai bangun ruang. Ciri khas limas adalah memiliki bagian runcing di bagian atasnya sebagai titik puncak.
Langkah Kerja :
- Perhatikan bentuk bangun ruang kubus pada media yang tersedia
- Bongkarlah kubus tersebut hingga terlihat jarring-jaring kubus.
- Perhatikan pada setiap bangun datar yang membentuk jaring-jaring kubus, terlihat bentuk bangun ruang yang memiliki bagian runcing di atasnya yang kita sebut sebagai Limas.
- Perhatikan ukuran dan bentuk dari bangun ruang limas tersebut.
- Catat dan berilah kesimpulan terhadap hasil pengamatan.
Student Activity :
4. Pada jaring-jaring kubus ada berapa bangun datar persegi yang menyusun kubus tersebut ....
5. Pada media yang tersedia terlihat bentuk bangun ruang limas dengan alas berbentuk segiempat
· Berapa banyak limas yang dapat membentuk kubus
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
· Berapa tinggi limas tersebut jika dibandingkan dengan tingg kubus.
tinggi limas = ….. x tinggi kubus
· Berapa panjang sisi alas limas
Panjang sisi alas limas = panjang sisi alas …
6. Berapakah Volume dari Limas tersebut
Vkubus = p x l x t = s x s x s
Kubus terbentuk dari 6 buah limas yang kongruen
Tinggi kubus =……….tinggi limas
Maka,
2 x tinggi kubus = tinggi ……
Jadi,
2 x Vkubus = 6 x Vlimas
2 x …. x…. x…. = 6 x Vlimas
Luas alas = p x l
Dapat kita simpulkan
Volume limas =
Tidak ada komentar:
Posting Komentar